7 Sifat-Sifat Bos Yang Tak Terlupakan

Bagi karyawan, ada beberapa bos yang begitu biasa saja dan membosankan sehingga terlupakan oleh tiupan angin pada saat pergi.

Akan tetapi ada beberapa bos yang begitu terkesan sehingga membuat para karyawan tidak bisa melupakannya dan malahan tidak ingin si bos tersebut pergi. Tetaplah di sini karena saya akan menjelaskannya lebih lagi.

Seorang Travis Bradberry pernah menanyakan kepada orang banyak tentang apa yang membuat mereka terkesan dengan bos mereka. Rata-rata dari mereka menjelaskan bahwa mereka tidak terlalu menghiraukan karakteristik bawaan (intelijen, daya tarik, kemampuan dan lain sebagainya.) dan mereka sebaliknya berfokus pada sesuatu yang lain seperti bergairah, wawasan, dan kejujuran.

Kata-kata tersebut di atas menjelaskan tentang kecerdasan emosi si bos. Menurut penelitian yang dilakukan oleh TalentSmart yang mewawancarai satu juta orang bahwa yang terjadi adalah bos dengan Emotional Quotient (kecerdasan emosi) yang tinggi memiliki sesuatu yang berharga di mata responden daripada yang EQ yang rendah.

Bos besar adalah seseorang yang dapat melihat lebih dalam ke diri kita saat mungkin kita belum bisa melihat siapa diri kita sebenarnya, dan dia bersedia untuk membantu kita melihat ke dalam diri kita dan memberitahu siapa diri kita sebenarnya. Seorang bos besar juga adalah seseorang yang mempunyai mimpi yang besar dan membantu Anda untuk melihat semua hal-hal besar yang dapat kita gapai.

Dengan melihat sedikit lebih detail apa sifat-sifat yang dimiliki seorang bos yang besar sehingga membuat karyawannya tidak dapat melupakannya dan ingin terus bekerja untuk dia, kita dapat membantu rekan kerja kita untuk terus bersemangat dan membuat karyawan kita melihat kita sebagai bos besar.

Berikut adalah  beberapa hal yang dimiliki seorang bos besar yang tak terlupakan

1.Mereka Bergairah.

Jika ada seorang bos yang hidupnya terkikis oleh pekerjaannya sendiri sehingga dia sendiri bosan dengan pekerjaannya, bagaimana dengan karyawannya? Bagaimana dia akan memberikan motivasi? Salah satu sifat bos besar adalah mereka yang terus bergairah dengan pekerjaannya sehingga berimbas kepada karyawannya. Bos besar percaya dengan apa yang mereka usahakan dan berusaha untuk mencapainya dengan cara yang menyenangkan sehingga banyak orang yang ingin mengikutinya.

2. Mereka Transparan.
Bos yang terlupakan adalah bos yang selalu tahu siapa mereka dan karyawannya pun tahu siapa mereka setiap waktu. Bos besar adalah seseorang yang selalu terbuka dengan kesalahannya dan dia tidak pernah membuat janji-janji palsu. Bos besar membuat karyawan-karyawannya tidak perlu untuk mengeluarkan energi lebih demi mencari tahu apa motivasi dan apa yang akan dilakukannya nanti oleh si bos. Mereka juga tidak pelit dan bermurah hati untuk membagikan ilmu dan kemampuan yang mereka miliki.

3. Mereka Proaktif.
Bos yang berbahaya adalah bos yang melepaskan karyawannya hinggal di luar kendali mereka. Bos besar adalah mereka yang menarik karyawannya dan tidak melepaskan mereka hingga di luar kendali. Mereka adalah pelatih bagi karyawannya dan berusaha untuk melewati rintangan bersama mereka. Mereka akan terus berusaha untuk mengeluarkan karyawannya dari situasi kekacauan.

4. Mereka Sudah Mendalam.
Bos besar mengetahui dan mengakui keunikan dan kemampuan khusus yang dimiliki oelh setiap karyawannya. Mereka mengetahui kekuatan, kelemahan, kesukaan dan ketidaksukaan yang dimiliki oleh para karyawannya.

5. Mereka adalah Pelabuhan di dalam Badai.
Bos besar tidak akan goyah atau bingung bahkan ketika semuanya akan menjadi rusak. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Eugene Kranz, direktur penerbangan Apollo 13. Pada saat detik-detik terjadi ledakan, dia berusaha menenangkan anggota timnya denga berkata, “ Oke, sekarang mari kita semua orang tetap tenang. Mari kita memecahkan masalah, tapi mari kita tidak membuatnya lebih buruk lagi dengan cara menebak.”

Itu adalah salah satu ciri dari seorang bos besar. Walaupun di tengah badai yang sedang bergelora, dia akan tetap tenang dan tetap kokoh bagi kapal dan para awaknya.

6. Mereka adalah manusia.
Bos besar adalah seorang manusia dan mereka tidak takut untuk mengakuinya. Mereka mempunyai kepribadian yang friendly sehingga mudah untuk berteman. Mereka begitu hangat dengan orang lain. Mereka menyadari bahwa semua orang mempunyai emosi sehingga ketika mereka berhubungan, mereka berusahan untuk menjaga emosi temannya agar tetap stabil.

7.Mereka begitu sederhana.
Bos besar tidak akan membanggakan dan mengakui lebih apa kehebatan mereka. Mereka selalu merasa apa yang dicapainya adalah karena kerjasama yang dilakukan oleh timnya. Bos besar tidak merasa hebat dari siapapun ata berada di atas siapapun. Karena itulah mereka merasa perlu untuk terbuka dengan kesalahan yang telah mereka perbuat sehingga banyak orang yang akan belajar dari mereka. Kerendahan hati mereka juga menetapkan kerendahan hati orang yang mengikutinya.


Seorang bos besar akan berhenti untuk berpikir apa yang orang lain bisa lakukan untuk mereka, sebaliknya mereka akan berpikir untuk apa yang dia bisa lakukan untuk orang lain. Menginspirasi, mengajar, melindungi dan sederhana adalah karakteristi yang perlu Anda punya atau Anda latih agar Anda menjadi seorang bos besar yang tak terlupakan dan akan menjadi bahan panutan dan pembelajaran bagi orang lain. God Bless You All
Previous
Next Post »