6 Cara Mendemonstrasikan Kebaikan Dalam Bisnis dan Kehidupan

Saya tidak tahu apakah Anda sadar atau tidak bahwa penilaian terhadap diri Anda dilakukan dengan bagaimaan Anda melakukan orang lain. Perilaku Anda dinilai bagaimana Anda memperlakukan orang dengan status yang berbeda-beda. Mungkin saja perlakuan Anda kepada orang kaya sangat “berbeda” jauh dengan orang miskin. Saya tidak tahu, akan tetapi dunia dan Tuhan memperhatikan sifat dan sikap Anda dan Anda perlu untuk memperhatikan aspek tersebut.

Apakah Anda pernah pergi makan dengan seseorang yang memperlakukan Anda begitu baik akan tetapi dia memperlakukan pramusajinya seperti seorang budak zaman dahulu. Itu adalah ciri-ciri orang yang munafik. Berhati-hatilah terhadap orang seperti itu, karena orang tersebut seperti “ada udang di balik batu”. Melihat rendah seseorang yang hanya berdasarkan materi membuat Anda menampilkan refleksi diri Anda yang begitu buruk, merendahkan sifat profesionalisme Anda dan menjauhkan Anda dari kesuksesan masa depan.

Tidak membutuhkan waktu yang lama kok untuk berbuat baik kepada orang. Dengan memberi senyuman yang tulus selama 5 detik sudah membuat kondisi mental orang tersebut berubah menjadi lebih baik.

Ada beberapa tips super yang perlu Anda camkan di dalam otak dan pikiran Anda agar Anda dapat menghasilkan dampak yang super hebatnya bagi semua orang di dunia ini.

1.Baiklah kepada semua orang yang berinteraksi dengan Anda.

Ini berlaku bagi semua orang dari seluruh budaya di dunia ini yang bahkan Anda tidak kenal. Mau orang tersebut adalah Office boy di sebuah hotel,  tukang pramusaji di restorang Padang, tukang sapu di pinggir jalan ataupu seorang eksekutif manajer di tempat Anda bekerja yang begitu menyebalkan. Hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk memberikan senyuman kepada mereka dan dapat merubah dunia mereka pada saat itu juga. Hal itu juga dapat menjelaskan kapasitas Anda sebagai seseorang yang berkarakter baik.

2.Tunjukkan rasa hormat pada seorang “Executive assistant.”

Asisten eksekutif adalah salah satu orang penting di dalam perusahaan. Mereka bisa dibilang adalah “penjaga kunci” dari kerajaan perusahaan tersebut. Bos besar biasanya selalu bertanya kepada asisten eksekutif tentang kondisinya dan meminta pendapat darinya.

Saat sedang ingin bertemu “sang penjaga”, tetapkan dalam pikiran Anda bahwa apa yang Anda lakukan terlihat dan terdengar oleh mata perusahaan. Jika si asisten tidak terlihat terlalu sibuk, buatlah sebuah pembicaraan kecil dengannya seperti menanyakan namanya, atau membahas topik yang tidak terlalu berat akhir-akhir ini. Pembicaraan hangat tersebut juga dapat membuat Anda terkesan baik di mata sang asisten.

3.Sopan tapi jangan terlalu akrab.

Jangan pernah untuk terlalu akrab dengan orang yang baru saja Anda temui. Sopan boleh, tetapi jangan terlalu akrab. Terlalu akrab dengan orang yang belum dikenal juga tidak baik bagi kehidupan personal Anda, dan berbahaya juga bagi privasi Anda tohhh Anda belum mengenalnya sama sekali hanya baru beberapa kali bertemu.
Lakukanlah semua orang yang baru Anda temui seperti Anda ingin diperlakukan sebagaimana adanya.

4.Bantulah orang yang sedang membutuhkan.

Jika Anda sedang mendengar ketukan pintu, bukalah bagi orang tersebut dan sediakan makanan dan minuman yang ringan buat mereka. Jika ada seseorang yang sedang membawa barang-barang yang berat, berikanlah sedikit kekuatan Anda untuk membantu membawa barang bawaan tersebut. Jika ada orang buta yang ingin menyeberang jalan, pegang tangannya dan tuntunlah sampai ke tujuan.

Perbuatan baik dapat membawa Anda ke arus hubungan pertemanan yang baru bahkan hubungan bisnis yang baru juga. Setelah semuanya itu, mereka dapat melihat diri kamu sebenarnya dari awal dan Anda mendapatkan “kunci” kepercayaan yang begitu berharganya bagi kita semua.

5. Sukseskan orang lain.

Jika seseorang sedang kebingungan dengan bisnis mereka dan meminta pendapat Anda, berikan dan tolonglah dia sebagai orang yang berpengalaman dan profesional dalam bisnis. Dengan begitu Anda sudah membangun hubungan yang begitu dalamnya dengan orang tersebut. Hubungan yang dalam dapat membawa kita kepada kesuksesan. Dengan membantu orang lain untuk sukses, hal itu sudah membantu Anda untuk sukses di masa sekarang dan masa depan. Kebaikan yang sudah kita tanamkan kepada orang lain akan membawa kebaikan juga kepada diri kita sendiri.

Jangan kita menjadi seorang teman yang sedang memegang pisau di belakang badan. Yang katanya ingin membantu ehh malah menusuk orang tersebut dengan cara mengambil keuntungan yang tak terkirakan sehingga membuat teman Anda menderita.

Dengan membantu orang lain untuk sukses juga dapat membuat hidup kita lebih berarti. Apa artinya hidup ini jika hanya memikirkan keuntungan materi semata. Keuntungan tersebut tidaklah dibawa sampai mati dan tidak ada benefit sama sekali jika mindset kita hanya memikirkan uang untuk kehidupan kita kelak setelah kematian.

6.Baiklah kepada semua, bahkan jika mereka tidak baik kepada Anda.

Baiklah kepada semua orang yang bahkan orang tersebut tidak baik kepada Anda. Yakinkanlah kepada diri Anda bahwa orang yang berperilaku buruk kepada Anda mempunyai keadaan hidup yang lebih buruk daripada Anda. Mungkin saja orang tersebut berasal dari keluarga broken home, atau baru saja dipecat dari tempatnya bekerja.

Kebaikan yang perlihatkan kepada orang-orang tersebut dapat membantu mereka untuk kembali ke jalan yang baik. Dengan berlaku baik, kita membawa orang tersebut ke dalam kondisi fisik dan mental yang lebih baik juga sehingga orang tersebut bisa berlaku baik seperti yang kita lakukan terhadap mereka.


Di dalam hidup yang sementara, baiklah bagi kita semua untuk berusaha berlaku baik demi kebaikan semua orang. God Bless You All.
Previous
Next Post »