5 Cara Scientist Yang Dapat Membuat Otak Anda Menjadi Lebih Pintar

Sekitar beberapa dekade tahun yang lalu, beberapa peniliti handal menemukan bahwa jika kita memainkan game yang yang mengasah otak seperti teka-teki silang, otak kita bisa menjadi lebih kuat dan lebih mempunyai power lebih dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam berbagai situasi dan membantu perkembangan otak kita dalam memahami pelajaran di sekolah.

Banyak kita bisa temui seperti yang ada di dalam buku, sebuah kelas atau aplikasi-aplikasi yang ada di playstore yang mengklaim dapat mencerdaskan otak kita. Mereka mengklaim bahwa untuk mencerdaskan otak hanya diperlukannya "latihan otak". Tapi seperti yang kita ketahui dan mungkin bisa Anda rasakan sendiri, bahwa hal-hal seperti sangatlah tidak memberikan efek kecerdasan pada umumnya.

Nah dari beberapa peneliti handal dalam bidang psikologi dan sistem saraf. Mereka menemuka 5 hal-hal yang dapat membuat Anda menjadi lebih pintar secara umunya dan mungkin ada beberapa yang membuat Anda terkejut.

1.Katakan pada diri Anda jika Anda bisa pintar.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York Times yang sedang memberikan tes tentang bagaimana otak bekerja pada sekelompok anak murid yang masih lugu. Setengah dari kelompok itu (nanti saya sebut sebagai A) mengatakan bahwa mereka mampu untuk menjadi lebih pintar. Dan setengahnya (nanti saya sebut sebagai B) malah mengatakan sebaliknya.

Pada saat tes dilakukan, grup A yang optimistis tadi dapat menguasai 85 persen dari jumlah soal tes yang diberikan. Dan grup B si pesimistis mereka hanya bisa menjawab 54 persen dari keseluruhan jumlah soal. Kesimpulannya,  kata-kata motivasi yang ada dalam diri kita yang terkadang kita remehkan dapat membuat perubahan signifikan pada otak kita.

Simpelnya, otak Anda menjadi lebih koperatif pada saat ada motivasi positif yang Anda katakan. Dengan motivasi yang kita buat seperti itu ternyata dapat mempermudah saraf-saraf dalam otak kita untuk sambung-menyambung satu sama lain. Hal ini seperti yang dikatakan oleh seorang CEO mobil terkenal pemilik Ford yang bernama Henry Ford berkata, "Jika kamu berpikir kamu bisa atau kamu berpikir itu tidak bisa, itu benar."

Jika kamu terus memperkuat keyakinan dalam jiwa dan pikiran kamu, hal itu akan terus membuat otak Anda untuk berpikir lebih efektif lagi dan dapat mencapai lebih dari apa yang Anda mungkin perkirakan.

2. Bersosialisasi lebih.

Banyak mengalami interaksi sosial dengan teman, kerabat atau keluarga juga dapat membuat kemampuan otak Anda menjadi lebih meningkat.

Contohnya, penelitian yang dilakukan dari tahun 1998-2004 menjelaskan bahwa orang-orang yang berinteraksi dengan orang lain ternyata memiliki skor yang lebih tinggi dalam hal tes ingatan otak.

Tapi menariknya, artikel-artikel tentang interaksi sosial sangatlah tidak menarik atau terlihat penting bagi kita semua.Padahal efek dari interaksi sosial sangatlah hebat demi kesehatan dan pengembangan otak kita. Janganlah menjadi orang yang lebih suka di dalam kamar serta lebih menyukai untuk menkhayal sendirian walaupun menurut saya sendiri menkhayal itu enak hehe....

Mungkin saat ini Anda sedan tidak mempercayai apa yang saya tulis ini, tapi saya yakin Anda akan merasakan keuntungan dari efek ini jika terus melakukan sosialisasi umum dengan teman, keluarga dan bahkan ikut kegiatan sosial seperti membantu korban gempa dan kebanjiran.

3.Seringlah melatih diri sendiri secara reguler.

Banyak orang-orang sekarang pada era yang sekarang sangat malas sekali untuk melatih diri mereka sendiri. Mereka tidak atau malas melakukannya karena alasan untuk menghindari stress dan penderitaan dalam hidup. Padahal sukses kan butuh proses.

Menurut penelitian yang terakhir tentang pengembangan otak, dengan melatih diri kita sendiri secara reguler bisa membuat otak menjadi lebih berkembang dan otak kita mempunyai sambungan-sambungan syaraf baru sehingga membuat otak kita menjadi lebih kompleks dan pastinya menjadi lebih pintar.

Dengan terus berlatih, kita memaksa otak kita untuk menciptakan kekuatan baru untuk mengingat lebih lama lagi. Dalam ilmu biologi, latihan yang dilakukan secara reguler dapat meningkatkan kualitas di daerha Hippocampus dalam otak manusia.

Orang-orang sukses yang selalu konsisten adalah orang-orang yang selalu memulai hari mereka dengan latihan yang mungkin mereka tidak tahu fungsinya untuk apa. Tapi hal itulah yang membuat mereka menjadi seseorang yang berkualitas secara terus meneru dan selalu kompetitif.

4.Sering meminum kopi dan teh.

Inilah kegiatan yang sangat paling saya sukai "meminum teh/kopi pada sore hari". Inilah salah satu dari sekian banyak kegiatan-kegiatan yang kita jalani yang terkadang kita menyadari betapa besar efeknya bagi kehidupan kita.

Efek caffein yang terdapat dalam kopi/teh sangatlah berfungsi bagi otak kita. kafein membantu kita untuk memblokir efek dari senyawa kimia adenosin yang membuat kinerja otak kita menjadi lambat sehingga kita selalu merasa kantuk. Itulah kenapa jika kita minum kopi, kita menjadi selalu merasa susah tidur yang diakibatkan otak kita terus dalam kondisi "on fire" yang diakibatkan efek kafein tadi.

Dan kafein juga melepas norephineprine, yang meingkatkan reaksi, kekuatan memori otak, dan performa otak secara keseluruhannya,

Baca : Cara kerja kafein bagi kreativitas otak kita.

5. Melamun terus-terusan

Membiarkan otak kita untuk berpikir yang aneh-aneh atau yang berhanyut-hanyut sebenarnya itu bukanlah tanda dari kemalasan dari kejiwaan kita. Malah sebaliknya, pada saat seperti itu, otak kita sedang bekerja gila-gilaan.

Melamun menstimulasi otak kita untuk menciptakan imaginasi dan kreativitas dengan menngikat dari berbagai bagian saraf-saraf otak kita yang sudah tidak tersambung lagi dengan jalan saraf yang baru.

Penelitian menunjukkan bahwa anak murid yang lebih sering melamun mendapatkan nilai tes yang lebih tinggi pada saat ulangan daripada anak murid yang sangat over focus pada apa yang sedang dia perhatikan.

Melamun juga adalah langkah pertama dari sebuah latihan untuk menjadi lebih kreatif yang digunakan oleh seorang Steve Jobs.

Baca : Orang yang sering melamun tanda punya otak lebih tajam.

Demikianlah informasi tentang hal-hal menarik atau bahkan diluar dugaan kita yang dapat menyebabkan otak kita menjadi lebih mempunyai kekuatan luar biasa daripada biasanya. God Bless You All.

Previous
Next Post »