4 Cara Murah Bahkan Gratis Untuk Memasarkan Usaha Anda

Pada setiap calon pengusaha dan pengusaha, pasti mereka mempunyai setiap persoalan yang membuat bisnisnya menjadi goyah. Dari setiap pengusaha yang ada dan bahkan saya sendiri yang baru memulai blog ini, menurut saya yang paling susah dilakukan adalah bagaimana cara memasarkan produk-produk atau blog yang sedang saya buat ini.

Memang memasarkan suatu produk sudah menjadi tantangan tersendiri bagi si pengusaha agar bisnisnya bisa berjalan dan bertahan. Memahami pasar adalah salah satu kunci penting bagi pengusaha agar dapat mempertahankan usaha dan pelanggan. Akan tetapi pemasaran yang hebat dan instan cukup memakan uang yang banyak dan waktu.

Jika perusahaan itu adalah perusahaan besar masalah dana sih bukan masalah. Lah tapi kalo calon pengusaha seperti saya yang bahkan masih kuliah yang otomatis agak sulit di bagian keuangan bagaimana caranya? Nah saya ada beberapa tips yang murah dan efektif bahkan bagi blog saya yang baru di mulai ini. Cara-cara ini tidak membuat Anda begitu stress karena karena tidak memakan uang yang begitu banyak.

1.Buat Kesadaran Lokal.

Salah satu cara murah yang saya sarankan adalah dengan mengiklankan usaha Anda di website atau koran lokal. Ini sangatlah penting agar usaha Anda dapat mudah dikenal  yang dimana kita sudah di era internet yang dimana semuanya sudah serba cepat. Memang banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan perusahaan marketing mahal, tapi bagi kalian yang usahanya masih tergolong kecil seperti  saya, Anda bisa menggunakan hal sederhana ini.
Misalkan usaha  Anda bergerak di bidang kesehatan wajah. Untuk saran  yang paling saya “genjot” adalah memasarkan melalui blog. Pertama-tama Anda bisa memulai dengan membuat blog gratis di blogger.com atau wordpress.com yang bertemakan tentang kesehatan. Tapi saya tidak terlalu menekankan untuk suatu niche tertentu, yan penting blog Anda tersebut berisikan hal-hal yang informatif sehingga Anda dapat mendapatkan traffic blog yang cukup banyak.

2. Jaga Pelanggan Anda dengan Email.

Menurut survey yang dilakukan oleh Ascend2, email adalah teknik yang paling efektif untuk memasarkan produk Anda. Email membantu kita untuk menjaga pelanggan kita tidak kabur dari blog bisnis kita. Dengan email, kita bisa membuat komunitas kecil yang bisa tumbuh menjadi besar lama-kelamaan. Dengan email kita bisa memberikan informasi terbaru tentang update blog bisnis kita. 

Dengan begitu, blog atau produk kita yang kita pasarkan secara online dapat terus tertanam di dalam pikiran mereka.

Pengusaha tidak perlu membayar mahal  kepada perusahaan atau konsultan pemasaran. Karena bahkan orang awampun dapat melakukannya secara gratis di MailChimp, yang memungkinkan pengusaha atau blogger seperti saya untuk mennyampaikan update terbaru tentang produk atau aritkel yang bermanfaat. Dengan bantuan aplikasi email seperti MailChimp, kita bisa terus menjaga para konsumen kita agar tidak kabur dan menjadikannya pelanggan tetap kita.

3.Pengaruhi Semua Orang Dengan Media Sosial.

Ini gratis dan mudah untuk memulai pendaftaran pada media sosial yang ada. Media sosial adalah pangsa pasar yang sangat berpotensial bagi para calon pengusaha. Tercatat, masyarakat Indonesia yang menggunakan internet berjumlah lebih dari 30 juta pengguna. Ini adalah kesempatan emas bagi kita para calon pengusaha untuk memulai usaha dengan begitu mudahnya. Tapi bagian tersulitnya adalah bagaimana cara meningkatkan pengikut Anda tanpa memakan waktu yang banyak. Banyak media sosial yang sangat berpotensial seperti Facebook, Twitter, Linkdln, Path, Instagram dan lain sebagainya.

Untuk memasarkan produk atau blog melalui media sosial, Anda harus menaruh konsentrasi lebih pada peningkatan pengikut Anda di setiap media sosial. Anda perlu untuk memberikan posting-posting yang keren dan kreatif tentang produk Anda atau yang bermanfaat tentang artikel yang Anda posting di blog Anda. Tapi ingat untuk tidak melakukan spam posting karena sangat dapat mengganggu para pengguna media sosial.

4.Jaga Komunikasi Dengan Pelanggan Anda.

Setelah Anda sudah melakukan ketiga tahap di atas seperti mengiklankan di website/koran, membuat mailing list atau media sosial, Anda perlu untuk terus menjaga komunikasi dengan pelanggan-pelanggan atau visitor blog Anda. Dengan begitu kita tetap memberikan kenyamanan yang diperlukan setiap pelanggan agar pelanggan tetap merasa nyaman dengan Anda dan usaha Anda. 

Walaupun mereka curhat, Anda perlu mendengarkannya dengan baik.
Pemasaran bagi bisnis kecil atau yang baru dimulai sangatlah penting untuk membangun sebuah brand dan kepercayaan, akan tetapi masih banyak cara-cara lain yang murah tanpa memakan uang yang begitu banyak (salah satunya di atas). Pengusaha yang cerdas adalah pengusaha yang pintar melihat pasar dan perkembangan saat ini yang dimana semuanya serba gratis (media sosial) sebagai sesuatu yang sangat menguntungkan dan memanfaatkannya sebaik mungkin.


Saya berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang sedang memulai usaha. God Bless You All.
Previous
Next Post »