Pada setiap calon pengusaha dan pengusaha, pasti mereka
mempunyai setiap persoalan yang membuat bisnisnya menjadi goyah. Dari setiap
pengusaha yang ada dan bahkan saya sendiri yang baru memulai blog ini, menurut
saya yang paling susah dilakukan adalah bagaimana cara memasarkan produk-produk
atau blog yang sedang saya buat ini.
Memang memasarkan suatu produk sudah menjadi tantangan
tersendiri bagi si pengusaha agar bisnisnya bisa berjalan dan bertahan. Memahami
pasar adalah salah satu kunci penting bagi pengusaha agar dapat mempertahankan
usaha dan pelanggan. Akan tetapi pemasaran yang hebat dan instan cukup memakan
uang yang banyak dan waktu.
Jika perusahaan itu adalah perusahaan besar masalah dana sih
bukan masalah. Lah tapi kalo calon pengusaha seperti saya yang bahkan masih
kuliah yang otomatis agak sulit di bagian keuangan bagaimana caranya? Nah saya
ada beberapa tips yang murah dan efektif bahkan bagi blog saya yang baru di
mulai ini. Cara-cara ini tidak membuat Anda begitu stress karena karena tidak
memakan uang yang begitu banyak.
1.Buat Kesadaran Lokal.
Salah satu cara murah yang saya sarankan adalah dengan
mengiklankan usaha Anda di website atau koran lokal. Ini sangatlah penting agar
usaha Anda dapat mudah dikenal yang
dimana kita sudah di era internet yang dimana semuanya sudah serba cepat.
Memang banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan perusahaan marketing
mahal, tapi bagi kalian yang usahanya masih tergolong kecil seperti saya, Anda bisa menggunakan hal sederhana
ini.
Misalkan usaha Anda
bergerak di bidang kesehatan wajah. Untuk saran
yang paling saya “genjot” adalah memasarkan melalui blog. Pertama-tama
Anda bisa memulai dengan membuat blog gratis di blogger.com atau wordpress.com
yang bertemakan tentang kesehatan. Tapi saya tidak terlalu menekankan untuk
suatu niche tertentu, yan penting blog Anda tersebut berisikan hal-hal yang
informatif sehingga Anda dapat mendapatkan traffic blog yang cukup banyak.
2. Jaga Pelanggan Anda dengan Email.
Menurut survey yang dilakukan oleh Ascend2, email adalah teknik
yang paling efektif untuk memasarkan produk Anda. Email membantu kita untuk
menjaga pelanggan kita tidak kabur dari blog bisnis kita. Dengan email, kita
bisa membuat komunitas kecil yang bisa tumbuh menjadi besar lama-kelamaan. Dengan
email kita bisa memberikan informasi terbaru tentang update blog bisnis kita.
Dengan
begitu, blog atau produk kita yang kita pasarkan secara online dapat terus
tertanam di dalam pikiran mereka.
Pengusaha tidak perlu membayar mahal kepada perusahaan atau konsultan pemasaran. Karena
bahkan orang awampun dapat melakukannya secara gratis di MailChimp, yang
memungkinkan pengusaha atau blogger seperti saya untuk mennyampaikan update
terbaru tentang produk atau aritkel yang bermanfaat. Dengan bantuan aplikasi
email seperti MailChimp, kita bisa terus menjaga para konsumen kita agar tidak
kabur dan menjadikannya pelanggan tetap kita.
3.Pengaruhi Semua Orang Dengan Media Sosial.
Ini gratis dan mudah untuk memulai pendaftaran pada media
sosial yang ada. Media sosial adalah pangsa pasar yang sangat berpotensial bagi
para calon pengusaha. Tercatat, masyarakat Indonesia yang menggunakan internet
berjumlah lebih dari 30 juta pengguna. Ini adalah kesempatan emas bagi kita
para calon pengusaha untuk memulai usaha dengan begitu mudahnya. Tapi bagian
tersulitnya adalah bagaimana cara meningkatkan pengikut Anda tanpa memakan
waktu yang banyak. Banyak media sosial yang sangat berpotensial seperti
Facebook, Twitter, Linkdln, Path, Instagram dan lain sebagainya.
Untuk memasarkan produk atau blog melalui media sosial, Anda
harus menaruh konsentrasi lebih pada peningkatan pengikut Anda di setiap media
sosial. Anda perlu untuk memberikan posting-posting yang keren dan kreatif
tentang produk Anda atau yang bermanfaat tentang artikel yang Anda posting di
blog Anda. Tapi ingat untuk tidak melakukan spam posting karena sangat dapat
mengganggu para pengguna media sosial.
4.Jaga Komunikasi Dengan Pelanggan Anda.
Setelah Anda sudah melakukan ketiga tahap di atas seperti
mengiklankan di website/koran, membuat mailing list atau media sosial, Anda
perlu untuk terus menjaga komunikasi dengan pelanggan-pelanggan atau visitor
blog Anda. Dengan begitu kita tetap memberikan kenyamanan yang diperlukan setiap
pelanggan agar pelanggan tetap merasa nyaman dengan Anda dan usaha Anda.
Walaupun mereka curhat, Anda perlu mendengarkannya dengan baik.
Pemasaran bagi bisnis kecil atau yang baru dimulai sangatlah
penting untuk membangun sebuah brand dan kepercayaan, akan tetapi masih banyak
cara-cara lain yang murah tanpa memakan uang yang begitu banyak (salah satunya
di atas). Pengusaha yang cerdas adalah pengusaha yang pintar melihat pasar dan
perkembangan saat ini yang dimana semuanya serba gratis (media sosial) sebagai
sesuatu yang sangat menguntungkan dan memanfaatkannya sebaik mungkin.
Saya berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda semua yang
sedang memulai usaha. God Bless You All.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon